Gambar ilustrasi diambil dari www.webshutter.com |
Anda
bingung dengan istilah-istilah di dunia internet seperti Landing Page, Squeeze
Page dan Sales Page? Teus bagaimana membedakan ketiga halaman tersebut? Baiklah
beikut ini penjelasan perbedaan ketiga istilah tersebut, biar anda tidak
bingung lagi.
Landing
page, squeeze page dan sales page intinya adalah sama, hanya saja perbedaannya
terletak pada tujuan pembuatannya.Landing page adalah tempat pengunjung membaca
penawaan dari produk yang anda tawarkan bisa pada homepage atau halaman
lainnya. Sesuai namanya, ini adalah tempat dimana pengunjung pertama kali
landing/mendarat. Landing page harus yang sepersuasif mungkin, karena kita
menginginkan pengunjung untuk masuk ke offer page atau memberi leads. Landing
page biasanya bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung, biasanya pengunjung
diarahkan untuk melakukan action/tindakan berupa order, subscribe, isi survey
dan lain sebagainya.
Squeeze
page dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan prospek seperti data email dan
lainnya. Squeeze page adalah halaman yang mendorong pengunjung untuk memberikan
alamat emailnyabiasanya di dalamnya terdapat opt-in newsletter. Kalau squeeze
page kita adalah tempat pertama kali pengunjung mendarat, berarti squeeze page
kita adalah landing page juga. Dan kalau landing page kita ada fasilitas opt-in
nya, berarti landing page kita juga merupakan squeeze page.
Sales
page dibuat dengan tujuan untuk memberikan sebuah penawaran produk/jasa yang
disertai form order. Biasa kita kenal dengan sales offer. Sales page biasa
digunakan untuk pemesanan barang yang memerlukan data dari calon customer.Sales
page biasanya berada di akhir perjalanan pengunjung. Disinilah terjadi konversi
penjualan.
Landing Page dalam sebuah penawaran bisnis di internet
adalah hal yang mutlak. Landing page akan memberikan anda kemudahan dalam
menangkap data costumer seperti data nama dan email. Untuk itu keprofesionalan
dan keeleganan sebuah Landing Page akan sangat menentukan keberhasilan dalam
sebuah promosi. Sebesar apapun traffic website anda jika landing page anda
tidak professional maka anda akan kehilangan sebagian besar traffic dan
konversi penjualan anda jauh dari harapan.
Keberhasilan
sebuah Landing Page harus meliputi:
§
Mudah di Setup dan sangat nyaman untuk digunakan
bahkan untuk pemula sekalipun.
§
Proven dalam menangkap informasi pengunjung dengan opt-in.
§
Mempunyai puluhan template berbahasa Indonesia dan
bahasa Inggris.
§
Desain template disesuaikan dengan bisnis lokal.
§
A/B testing untuk mendapatkan landing page dengan
konversi tertinggi.
§
Countdown timer untuk memicu urgency pengunjung segera
melakukan action.
Inilah beberapa hal yang wajib dalam sebuah landing
page agar bisa mendapatkan costumer yang lebih banyak dan tentunya akan membuat
bisnis anda semakin besar. Gunakan landing page yang berbeda untuk setiap
promosi. Jika ingin mendapat banyak pemasukan, buat halaman arahan khusus untuk
poduk-produk yang dipromosikan dan halaman arahan tersebut tidak harus melalui
homepage website.
0 comments:
Post a Comment