Gambar ilustrasi diambil dari www.pcmag.com |
Berikut ini merupakan 5 jenis email marketing yang perlu anda ketahui
dan bisa diterapkan pada bisnis anda, yaitu :
1. Newsletter
Mengirim email marketing kepada pelanggan untuk
mempromosikan produk atau jasa yang anda miliki. Cara seperti ini adalah jenis
email newsletter. Sebelum anda menggunakan email newsletter untuk marketing, anda
harus menentukan terlebih dahulu tujuan anda mengirim email tersebut pada
pelanggan anda.
Untuk memudahkan membuat desain email newsletter, kini anda dapat menggunakan berbagai macam template newsletter yang sudah banyak tersedia.
Untuk memudahkan membuat desain email newsletter, kini anda dapat menggunakan berbagai macam template newsletter yang sudah banyak tersedia.
Menggunakan email newsletter akan membeikan anda 3 keuntungan yaitu :
a. Memberi informasi terbaru
mengenai update bisnis yang anda miliki, seperti diskon, promo, survei dan
sebagainya.
b. Mengunjungi website atau
blog toko online anda dari link yang ada pada newsletter anda
c. Newsletter yang informatif
akan membuat email anda dinilai positif oleh pelanggan dan anda akan mendapat
respon yang positif pula terhadap website anda
2. Digest Email
Digest adalah jenis email marketing yang secara
otomatis akan dihasilkan oleh mailing list elektronik atau sering kita
sebut software email. Dengan menggunakan
jenis email marketing seperti ini, kita bisa menentukan periode email yang akan
kita gunakan, misalnya setiap hari, minggu dan bulan, Email jenis ini juga bisa
kita batasi penerimanya, misalnya 10 atau 100 dalam satu kali pengiriman pesan
email.
Sebuah bisnis umumnya akan memiliki banyak data produk dan juga artikel yang berkaitan dengan produknya. Dengan digest email anda dapat menerima dan mengikuti atau menyelenggarakan kontes atau pertunjukan. Ketika anda mengikuti salah satu kontes, setiap minggu kontes tersebut akan mengirimkan email tentang kontes yang sedang berjalan. Inilah cara kerja digest email.
Anda juga bisa melakukannya dengan kontes yang anda buat rencanakan sendiri. Digest email akan secara berkala mengirimkan email yang berisi informasi kontes kepada semua pelanggan anda yang mengikuti kontes yang anda buat tersebut.
3. Follow-up
Jenis Email marketing ini
merupakan beberapa serangkaian email yang dikirim kepada pelanggan dengan
konten yang informatif dan dibuat sedemikian rupa. Email jenis ini memiliki
manfaat menjaga pelanggan email anda tetap setia. Keunggulan jenis email
marketing seperti ini, sangat dinantikan oleh pelanggan karena didalamnya
terdapat informasi pelanggan yang dibutuhkan.Kelemahan email
follow-up ini adalah bila tidak disegmentasikan, maka bisa membuat pelanggan
lari dan meninggalkan anda.
4. Sponsorship
Email sponsorship merupakan email yang biasanya
digunakan pebisnis untuk mulai menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk
menggunakan email sponsorship, pebisnis diharuskan membayar supaya email bisa
dimasukan kedalam salinan newsletter vendor lain.
Biasanya email sponsorship diterapkan oleh perusahaan besar dengan jangkauan pasar yang cukup luas.Pebisnis punya opsi atau pilihan untuk mengikuti vendor mana yang menurut anda potensial menggiring pelanggan baru dan juga berpengaruh pada bisnis anda kedepannya. Dengan email ini pebisnis bisa lebih fokus pada penentuan segmen pasar yang spesifik untuk dijangkau.
Biasanya email sponsorship diterapkan oleh perusahaan besar dengan jangkauan pasar yang cukup luas.Pebisnis punya opsi atau pilihan untuk mengikuti vendor mana yang menurut anda potensial menggiring pelanggan baru dan juga berpengaruh pada bisnis anda kedepannya. Dengan email ini pebisnis bisa lebih fokus pada penentuan segmen pasar yang spesifik untuk dijangkau.
5. Transaksional
Email transaksional merupakan email yang muncul dan
dipicu oleh suatu tindakan transaksi jual-beli dan mengharuskan customer
menyelesaikan tindakan tersebut. Seperti email yang memberitahukan customer
untuk menyelesaikan transaksi dari order yang telah dilakukan.
Berisi rincian belanja, pemberitahuan harga, pemberitahuan data login sebagai member, dan lain sebagainya. Salah satu keuntungan dari adanya email transaksional ini adalah jumlah pageview dalam sebuah bisnis dapat meningkatkan dan bertumbuh.
Berisi rincian belanja, pemberitahuan harga, pemberitahuan data login sebagai member, dan lain sebagainya. Salah satu keuntungan dari adanya email transaksional ini adalah jumlah pageview dalam sebuah bisnis dapat meningkatkan dan bertumbuh.
0 comments:
Post a Comment