Gambar ilustrai diambil dari www.domaingyan.com |
Sebagai pebisnis ataupun yang lainnya yang hendak melebarkan
sayap di dunia internet, pada tingkat dasar nama domain sangat penting, karena
skema pengalamatan Internet sangat tidak efektif tanpa nama domain.
Setiap perangkat komputer, smartphone ataupun gadget yang
terhubung dengan Internet memiliki protokol Internet (IP) address: string unik
dari empat angka yang dipisahkan oleh titik, seperti 192.168.1.2. Sejak
mengingat alamat IP dari semua situs web favorit Anda akan hampir mustahil,
sekelompok ilmuwan komputer menciptakan sistem nama domain untuk menetapkan
nama unik untuk setiap alamat IP numerik.
Namun nama-nama domain yang lebih dari sekedar teknik jalan
pintas untuk mengganti ip address inilah, sehingga dengan nama domain akan mudah
diingat tanpa kesulitan mengingat angka-angka unik tersebut. Sehingga web lebih
cepat ditelusuri atau dibuka.
Sebuah nama domain menambah kredibilitas bisnis kecil Anda.
Memiliki nama domain sendiri membuat perusahaan Anda terlihat profesional.
Sebagai contoh, jika Anda mempublikasikan situs Anda melalui
ISP atau situs Web hosting gratis, Anda akan berakhir dengan URL seperti www.ISPanda.com/bisnisanda atau
situs gratisan lain seperti namabisnisanda.blogspot.com.
Berbeda jika Anda membeli alamat generik atau domain, ini akan
memberi inspirasi atau kepercayaan pelanggan seperti nama domain www.BisnisAnda.com.
Dan karena banyak orang belum percaya internet dan
e-commerce, tentu Anda akan berusaha melakukan apapu yang Anda bisa lakukan untuk
membuktikan bahwa bisnis kecil Anda lebih layak untuk mereka.
Jika Anda tidak bersedia membayar uang untuk mendaftarkan
nama domain yang tepat, tentu konsumen akan berpikir keseriusan Anda dalam usaha
atau bisnis apapun dalam menciptakan produk atau jasa yang berharga lainnya?
Sebuah nama domain menunjukkan Anda berpikiran maju.
Memiliki nama domain sendiri menunjukkan Anda bagian dari Revolusi Digital, dan
itu berarti bahwa Anda up-to-date pada teknologi yang muncul. Apakah ini benar
atau tidak, memiliki nama domain Anda sendiri mungkin hanya menempatkan Anda di
depan pesaing Anda.
Sebuah nama domain menambah mobilitas untuk kehadiran bisnis
Anda di Internet. Jika Anda tidak memiliki nama domain ini kan sulit
mengenalkan produk atau jasa Anda di internet.
Nama domain yang tepat dapat menarik perjalanan dalam bisnis
Anda. Jika Anda memutuskan untuk mendaftarkan nama domain yang sesuai dengan konsep
bisnis Anda.
Anda mungkin tertarik ketika berselancar untuk mencari topik.
Misalnya, sebuah toko yang menjual berbagai macam peralatan yang terdaftar
seperti tokopedia.com, lazada.co.id, memungkian mendapatkan pengunjung pencari harga
palu di Internet. Juga, meskipun hasil mesin pencari sulit untuk memprediksi, lazada.co.id
bisa muncul lebih sering pada hasil pencarian ketika seseorang mencari
informasi tentang harga palu.
Sebuah nama domain membangun merek Anda. Lebih dari apa pun,
nama domain dapat meningkatkan kesadaran merek Anda. Jika nama domain Anda
sesuai dengan nama perusahaan Anda, itu memperkuat merek Anda, sehingga
memudahkan pelanggan untuk mengingat dan kembali. Ini juga akan lebih mudah
untuk memenangkan bisnis melalui mulut ke mulut karena pelanggan akan mengingat
nama Anda dan memberikannya kepada teman-teman. Untuk mempelajari lebih lanjut
tentang nilai merek, baca Apa Itu Merek?
Intinya adalah bahwa nama domain yang baik dapat melampaui jauh
ke arah menghasilkan lalu lintas ke situs Web Anda dan membangun reputasi Anda.
Itu, pada gilirannya, akan menghasilkan lebih banyak pelanggan dan penjualan
yang lebih baik.
Klik di sini untuk melihat contoh Penyedia Nama Domain.
0 comments:
Post a Comment